Saturday, November 10, 2012

Kurangnya Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan di ITS


Salah satu masalah yang dihadapi masyarakat masa kini yang sangat sulit untuk diselesaikan yaitu kebersihan lingkungan. Kebersihan ialah hal yang begitu sederhana namun begitu penting untuk diperhatikan. Menjaga kebersihan itu terdengar sepele sehingga kebanyakan orang malah menyepelekan. Hal semacam ini yang mestinya harus dipedulikan.



Sebagai contoh adalah kebersihan di lingkungan ITS. Kian hari, kesadaran para masyarakat semakin menurun. Hal ini terbukti dari sampah-sampah makanan yang masih tercecer di tempat yang tidak seharusnya. Misalnya, gazebo,kantin,lantai-lantai kelas, dan lainnya. Masalah kebersihan ini adalah hal mutlak yang harus diprioritaskan. Tetapi nyatanya kebersihan di lingkungan ITS masih banyak yang harus diperhatikan. ITS sendiri sudah menggalakan program yaitu “ITS ECO CAMPUS” tindakan yang sangat baik ini seharusnya benar-benar digalakan dengan efektif. Tetapi masih ada saja warga ITS yang masih kurang mempunyai kesadaran diri untuk peduli terhadap lingkungan kampus. Masih banyak diantara warga yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan masih banyak juga sampah-sampah daun yang berguguran berserakan disekitar kampus.
Ada beberapa dampak yang muncul akibat hal ini. Lingkungan yang seharusnya nyaman menjadi tidak betah untuk dipandang. Berbagai hal dapat terjadi akibat menyepelekan kebersihan. Karena kebersihan merupakan sesuatu yang sangat penting mengingat berbagai dampak yang bisa timbul akibat kelalaian dalam menjaga kebersihan. Sebagai masyarakat yang baik, kita harus mulai lebih peduli akan kebersihan lingkungan sekitar kita dan hal ini harus dimulai dari sekarang.


No comments:

Post a Comment